Pages

Thursday, December 18, 2014

Review: Microsoft Lumia 535, Smartphone Selfie Terjangkau Dengan Kamera Depan 5 Megapiksel



Microsoft baru saja menghadirkan smartphone terbarunya di Indonesia - Lumia 535. Jika sedang mencari smartphone selfie dengan harga terjangkau Lumia 535 ini bisa menjadi pilihan.

Microsoft menawarkan Lumia 535 dengan harga Rp1.699.000, dan yang menjadi senjata andalannya adalah kamera selfie atau kamera depan. Lumia 535 dipersenjatai dengan kamera selfie beresolusi 5 megapiksel, terbilang tinggi dikelasnya.

Terbaik Untuk Selfie

Kamera depannya ini mampu menghasilkan foto dan video dengan kualitas yang bisa dibilang ok. Selain itu kamera selfienya ini menggunakan lensa dengan wide-angle yang berarti bisa menangkap objek lebih banyak. Sangat baik untuk groufie, lebih banyak teman kamu yang akan masuk ke dalam foto.


Microsoft Lumia 535 dilengkapi juga dengan aplikasi yang bernama Lumia Selfie. Aplikasi ini bisa membuat penggunanya lebih cantik dan menarik. Lumia Selfie menawarkan fitur berbagai efek keren dan juga bisa mencerahkan kulit, menghaluskan wajah, memutihkan gigi, melebarkan senyum, memperbesar mata dan masih banyak lagi.

Microsoft Lumia 535 dilengkapi juga dengan kamera belakang beresolusi 5 megapiksel dengan lampu flash yang mampu menghasilkan foto dan video dengan kualitas yang cukup baik. Namun sayangnya kameranya ini hanya memiliki kemampuan merekam video 480p saja.

Hasil kamera depan Microsoft Lumia 535:


Siang: Outdoor
Siang: Indoor

Malam: Indoor


Malam: Outdoor




Desain Menarik, Banyak Pilihan Warna dan Layar Besar




Microsoft Lumia 535 memiliki bahasa desain yang sama dengan pendahulunya Lumia 520 dan Lumia 530, namun memiliki body yang lebih ramping. Lumia 535 memiliki ukuran 140.2 x 72.4 x 8.8 mm dan bobot seberat 146 gram. Body terbuat dari bahan plastik, yang kalau dilihat tidak terkesan murahan namun ketika dipegang terasa kurang solid.


Microsoft Lumia 535 hadir dengan layar sentuh IPS LCD berukuran 5.0 inci dengan resolusi sebesar 540 x 960 piksel dan kerapatan piksel sebesar 220 ppi. Menurut saya pribadi, saya sangat cocok dengan layar berukuran 5 inci ini tidak terlalu besar dan pastinya tidak kecil. Meski tidak memiliki resolusi HD, layarnya ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang menurut saya cukup baik dan juga nyaman di mata. Dan adanya fitur double tap untuk menyalakan layar ketika dalam keadaan mati, seperti fitur yang ditawarkan jajaran smartphone Android dari LG.

Namun saya mengeluhkan mengenai sensitivitas layar Lumia 535 ini, dan ternyata banyak orang yang juga mengeluhkan hal yang sama. Microsoft juga telah mengakui masalah ini dan berjanji akan merilis update untuk memperbaiki masalah ini.

Perangkat Keras dan Kinerja

Microsoft Lumia 535 ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 200, yang didukung dengan prosesor quad core 1.2GHz dan GPU Adreno 302, serta dilengkapi dengan RAM sebesar 1GB. Saya merasakan kinerja keseluruhan yang cukup baik. Namun jika membuka banyak aplikasi akan terasa berat, dan ketika ingin membuka aplikasi lagi loadingnya terlalu lama, harus ditutup dulu semua aplikasi yang sebelumnya dibuka, baru aplikasi tersebut akan lancar berjalan. Jadi saran saya setiap habis menggunakan aplikasi harus ditutup melalui Task Manager, caranya tekan tombol back sampai muncul Task Manager.


Lumia 535 menyediakan memori internal sebesar 8GB yang tersisa sekitar 4GB-an, masih cukup lega untuk menyimpan beberapa aplikasi dan game. Namun tetap terasa kurang, bagusnya adalah disediakan juga slot microSD up to 128GB. Kamu bisa menentukan untuk menyimpan foto dan video hasil tangkapan kameranya serta aplikasi ke microSD.

Dual SIM Dual 3G

Microsoft menghadirkan Lumia 535 di Indonesia yang versi dual SIM GSM + GSM (keduanya adalah microSIM). Bagusnya kedua slot kartu SIM smartphone ini sudah mendukung jaringan 3G HSPA up to 42Mbps. Di settings disediakan menu untuk mengganti koneksi 3G yang diinginkan, menggunakan slot 1 atau slot 2.


Microsoft Lumia 535 juga menyediakan berbagai fitur konektivitas seperti Wi-Fi dengan Wi-Fi hotspot, port microUSB, Bluetooth dan GPS.

Sistem Operasi, Aplikasi, Audio dan Daya Tahan Baterai




Microsoft Lumia 535 menggunakan sistem operasi Windows Phone 8.1 dengan update Lumia Denim. Sistem operasi Windows Phone 8.1 menawarkan tampilan antarmuka dengan halaman homescreen terdiri dari Tile-Tile (berbentuk persegi yang flat). Kamu bisa mengatur Tile ini: menambah, menghapus, mengubah ukuran tile. Tile-nya ini bisa dari aplikasi ataupun widget. Dan kamu juga bisa mengganti latar homescreen dengan wallpaper ataupun foto. Selain itu update Windows Phone 8.1 kini juga memiliki fitur notification center seperti yang ada pada Android.





Microsoft Lumia 535 dilengkapi dengan aplikasi seperti MixRadio: untuk memutar musik secara offline maupun online. Aplikasi kamera seperti Lumia Selfie dan Lumia Camera, kamu juga bisa menginstall aplikasi kamera eksklusif lainnya untuk Lumia di Store. Untuk komunikasi ada aplikasi BBM, Skype dan Line yang sudah terpasang, selain itu kamu tentunya bisa mendownload berbagai aplikasi dan game di Store.

Microsoft Lumia 535 dilengkapi dengan speaker yang menurut saya mampu menghasilkan suara yang bagus. Dan menarikanya smartphone ini dilengkapi juga dengan fitur equaliser kamu bisa memilih berbagai preset, dan bisa menentukan preset untuk speaker internal maupun preset untuk earphone.

Lumia 535 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1.950mAh, dan saya merasa baterai sebesar ini boros. Dari semenjak mendapatkannya, setiap harinya saya mencharge-nya setidaknya dua kali sehari. Jika dipakai cukup intens baterainya hanya bisa bertahan sekitar 4 - 6 jam tergantung pemakaian dari masing-masing pengguna tentunya.

Spesifikasi Microsoft Lumia 535:

- SIM Card Type : Micro SIM 
- Dual SIM : Dual Standby SIM 
- Operating System : Windows Phone 8.1 with Lumia Denim 
- Processor : Snapdragon 200 Quad Core Processor 1.2 GHz
- Display : 5 Inch qHD(960x540), Corning Gorilla Glass 3(220 ppi)
- RAM : 1 GB 
- Internal Memory : 8 GB
- External Memory : MicroSD Up To 128 GB
- Main camera : 5.0 MP, Auto focus, 1/4 inch, f/2.4, LED flash 
- Front Camera : 5.0 MP wide angle, f/2.4 (848 x 480)
- Battery Capacity : 1905 mAh
- Battery Voltage : 3.7 V
- USB: USB 2.0 
- Bluetooth: Bluetooth 4.0 
- Wi-Fi : WLAN IEEE 802.11 b/g/n 
- Wi-Fi Hotspot : Up to 8 Wi-Fi-enabled devices 
- Dimension : 14.02 x 7.24 x 0.88 cm

- Weight : 146 gram

No comments:

Post a Comment

 
UA-57881050-1
UA-57881050-1